5 Domain Servis Strategi Manajemen Layanan Sistem Informasi Perusahaan Go-Jek


Nama: Anindah Martianingrum
NPM: 10116893
Kelas: 2KA05
Matkul: Manajemen Layanan Sistem Informasi (softskill)

1.      Service Strategy PT Go-Jek Indonesia
Go-Jek menerapkan strategi sistem informasi marketing melalui tiga tahapan yang disebut customer life cycle. Tahapan pertama adalah acquire yaitu mendapatkan pelanggan menggunakan teknik direct marketing yaitu dengan melakukan promosi secara langsung di social media. Tahapan kedua adalah enhance yaitu menambah pelanggan menggunakan teknik cross sell and up sell yaitu bekerja sama dengan para mitra perusahaan yang mau menggunakan layanan Go-Jek sehingga hal tersebut dapat menambah jumlah pelanggan baru. Tahapan ketiga adalah retain yaitu mempertahankan pelanggan atau loyal customer menggunakan teknik customer support dimana perusahaan menanggapi setiap keluhan dan keinginan konsumen sehingga perusahaan dapat menciptakan loyal customer.
Strategi dari PT Go-Jek Indonesia seperti yang diutarakan oleh CEO-nya Nadiem Makarim:
1.      Berupaya terus merekrut pengemudi Go-Jek lebih banyak
2.      Potensi pasar di banyak kota besar di Indonesia
3.      Memperkaya fitur-fitur aplikasi
4.      Menggelar promosi program “ceban”

2.      Service Design PT Go-Jek Indonesia
Untuk service design nya sendiri gojek menggunakan Cloud Server sehingga data dapat keluar masuk secara realtime, dengan storage yang besar serta menerapkan enkripsi agar data tidak dapat digunakan selain yang berkepentingan. Serta service design teknologi informasi yang digunakan oleh Go-Jek antara lain:
1.      Teknologi End User
·         Aplikasi Smartphone Android
·         Aplikasi Smartphone IOS
2.      Teknologi Database
·         Cloud Computing
·         Smartphone Storage
3.      API (application programming interface)
·         Google Maps
·         Google Place
·         Transjakarta API
·         Apotikantar API
4.      Payment
·         Go-Pay (Online Credit)
5.      Customer Service
·         Social Media
·         Website
·         Call Center
Go-Jek Online ini bisa di nikmati ketika pelanggan membeli jasa yang ditawarkan, Ojek Online ini juga tidak mengenal peyimpanan dari produk yang telah dhasilkan dan yang terakhir Ojek Online ini memang di desain untuk mempermudah masyarakat di kota bahkan seluruh indonesia, untuk menyediakan jasa transportasi, pengantaran barang, maupun membantu membelikan barang yang di inginkan oleh pelanggan.

3.      Service Transition
Dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan komitmen perusahaan terhadap kepercayaan pelanggan, maka perusahaan berusaha untuk meningkatkan mutu dan inovasi tenaga kerja adalah dengan membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, meberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian, dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Jakarta dan Indonesia kedepannya.
Untuk memudahkan koordinasi dan pertukaran informasi pada internal perusahaan, Gojek menghubungkan seluruh cabang di berbagai daerah kedalam suatu jaringan. Sedangkan untuk menciptakan kenyamanan costumer sendiri, Gojek memberikan informasi mengenai driver atau suksesor layanan lainya, baik nama, foto, begitu pula sebaliknya, driver megetahui nama serta no HP costumer, sehingga costumer dan driver bisa berkomunikasi secara langsung. Go-Jek memanfaatkan sistem informasi untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.
4.      Service Operation
Melalui slogannya yaitu “An Ojek for Every Need”, Go-Jek tidak hanya menyediakan layanan transportasi angkutan penumpang, saat ini Go-Jek memiliki tujuh belas (17) jenis layanan yaitu: Go-Ride, Go-Car, Go-Bluebird, Go-Food, Go-Send, Go-Pulsa, Go-Bills, Go-Shop, Go-Mart, Go-Tix, Go-Box, Go-Massage, Go-Clean, Go-Glam, Go-Auto, Go-Med dan Go-Busway.
  • Go-Ride
Layanan transportasi sepeda motor yang dapat mengantar Anda ke berbagai tempat, lebih mudah dan lebih cepat.
  • Go-Car
Layanan transportasi menggunakan mobil untuk mengantar Anda kemanapun dengan nyaman.
  • Go-Food
Layanan pesan antar makanan nomor 1 di Indonesia. Go-Jek memiliki lebih dari 30.000 daftar restoran
  • Go-Send
Layanan kurir instan yang dapat Anda gunakan untuk mengirim surat dan barang dalam waktu 60 menit.
  • Go-Mart
Layanan yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja ribuan jenis barang dari berbagai macam toko.
  • Go-Box
Layanan pindah barang ukuran besar menggunakan truk bak/blind van.
  • Go-Massage
Layanan jasa pijat kesehatan profesional langsung ke rumah Anda.
  • Go-Clean
Layanan jasa kebersihan profesional untuk membersihkan kamar kos, rumah dan kantor Anda.
  • Go-Glam
Layanan jasa perawatan kecantikan untuk manicure-pedicure, cream bath, waxing, dan lainnya langsung ke rumah Anda.
  • Go-Tix
Layanan informasi acara dengan akses pembelian dan pengantaran tiket langsung ke tangan Anda.
  • Go-Busway
Layanan untuk memonitor jadwal layanan bus TransJakarta dan memesan GO-RIDE untuk mengantar Anda ke sana.
  • Go-Pay
Layanan dompet virtual untuk transaksi Anda di dalam aplikasi GO-JEK.
  • Go-Med
Layanan terintegrasi untuk membeli obat-obatan, vitamin dan kebutuhan medis lainnya dari apotek berlisensi.
  • Go-Auto
Layanan auto care, auto service, dan towing & emergency untuk memenuhi kebutuhan otomotif Anda.
  • Go-Pulsa
Layanan pengisian pulsa langsung dari aplikasi GO-JEK dengan menggunakan GO-PAY.

5.      Continual Service Improvement
Gojek dalam mengembangkan ide nya mereka melakukan inovasi-inovasi terbaru dan juga melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain untuk mempertahankan eksistensinya  dalam pelayanan diantaranya:
·         Para gamers Mobile Legends khususnya pelanggan dapat membeli diamond Mobile Legends dengan Go-Pay lewat Codashop.
·         kini bisa chat dengan driver di dalam aplikasi Go-Ride, Go-Car, Go-Food
·         Selalu update promo-promo terbaru dalam fitur Go-Food
·         Bisa tukar Go-Points untuk Go-Luckypaket liburan ke Jepang, Melbourne, Bangkok dan Bali
·         Beli voucher google play di Go-Bills bisa dapet bonus item di Lineage2 Revolution hingga Rp400,000
·         Go-Food bekerjasama dengan aplikasi kuliner Qraved
·         Kerjasama antar bank untuk memberikan cashback dan diskon untuk para pelanggan Go-Jek
·         Bisa atur sendiri layanan yang mau kamu tampilin di beranda dengan update di versi 3.1


Daftar Pustaka:

Komentar

Postingan Populer