5 Domain Servis Strategi Manajemen Layanan Sistem Informasi Perusahaan Go-Jek
Nama:
Anindah Martianingrum
NPM:
10116893
Kelas:
2KA05
Matkul:
Manajemen Layanan Sistem Informasi (softskill)
1. Service
Strategy PT Go-Jek Indonesia
Go-Jek
menerapkan strategi sistem informasi marketing melalui tiga tahapan yang
disebut customer life cycle. Tahapan pertama adalah acquire yaitu mendapatkan
pelanggan menggunakan teknik direct marketing yaitu dengan melakukan promosi
secara langsung di social media. Tahapan kedua adalah enhance yaitu menambah
pelanggan menggunakan teknik cross sell and up sell yaitu bekerja sama dengan
para mitra perusahaan yang mau menggunakan layanan Go-Jek sehingga hal tersebut
dapat menambah jumlah pelanggan baru. Tahapan ketiga adalah retain yaitu
mempertahankan pelanggan atau loyal customer menggunakan teknik customer
support dimana perusahaan menanggapi setiap keluhan dan keinginan konsumen
sehingga perusahaan dapat menciptakan loyal customer.
Strategi
dari PT Go-Jek Indonesia seperti yang diutarakan oleh CEO-nya Nadiem Makarim:
1. Berupaya
terus merekrut pengemudi Go-Jek lebih banyak
2. Potensi
pasar di banyak kota besar di Indonesia
3. Memperkaya
fitur-fitur aplikasi
4. Menggelar
promosi program “ceban”
2. Service
Design PT Go-Jek Indonesia
Untuk
service design nya sendiri gojek menggunakan Cloud Server sehingga data dapat
keluar masuk secara realtime, dengan storage yang besar serta menerapkan
enkripsi agar data tidak dapat digunakan selain yang berkepentingan. Serta
service design teknologi informasi yang digunakan oleh Go-Jek antara lain:
1.
Teknologi End User
·
Aplikasi
Smartphone Android
·
Aplikasi
Smartphone IOS
2.
Teknologi Database
·
Cloud
Computing
·
Smartphone
Storage
3.
API (application programming interface)
·
Google
Maps
·
Google
Place
·
Transjakarta
API
·
Apotikantar
API
4.
Payment
·
Go-Pay
(Online Credit)
5.
Customer Service
·
Social
Media
·
Website
·
Call
Center
Go-Jek
Online ini bisa di nikmati ketika pelanggan membeli jasa yang ditawarkan, Ojek
Online ini juga tidak mengenal peyimpanan dari produk yang telah dhasilkan dan
yang terakhir Ojek Online ini memang di desain untuk mempermudah masyarakat di kota
bahkan seluruh indonesia, untuk menyediakan jasa transportasi, pengantaran
barang, maupun membantu membelikan barang yang di inginkan oleh pelanggan.
3.
Service
Transition
Dalam
rangka memperbaiki atau meningkatkan komitmen perusahaan terhadap kepercayaan
pelanggan, maka perusahaan berusaha untuk meningkatkan mutu dan inovasi tenaga
kerja adalah dengan membantu memperbaiki struktur transportasi
di Indonesia, meberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari
seperti pengiriman dokumen, belanja harian, dengan menggunakan layanan
fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Jakarta
dan Indonesia kedepannya.
Untuk memudahkan koordinasi dan
pertukaran informasi pada internal perusahaan, Gojek menghubungkan seluruh
cabang di berbagai daerah kedalam suatu jaringan. Sedangkan untuk menciptakan
kenyamanan costumer sendiri, Gojek memberikan informasi mengenai driver atau
suksesor layanan lainya, baik nama, foto, begitu pula sebaliknya, driver
megetahui nama serta no HP costumer, sehingga costumer dan driver bisa
berkomunikasi secara langsung. Go-Jek
memanfaatkan sistem informasi untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan
keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi
pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta
menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.
4. Service
Operation
Melalui
slogannya yaitu “An Ojek for Every Need”, Go-Jek tidak hanya menyediakan
layanan transportasi angkutan penumpang, saat ini Go-Jek memiliki tujuh belas
(17) jenis layanan yaitu: Go-Ride, Go-Car, Go-Bluebird, Go-Food, Go-Send,
Go-Pulsa, Go-Bills, Go-Shop, Go-Mart, Go-Tix, Go-Box, Go-Massage, Go-Clean,
Go-Glam, Go-Auto, Go-Med dan Go-Busway.
- Go-Ride
Layanan
transportasi sepeda motor yang dapat mengantar Anda ke berbagai tempat, lebih
mudah dan lebih cepat.
- Go-Car
Layanan
transportasi menggunakan mobil untuk mengantar Anda kemanapun dengan nyaman.
- Go-Food
Layanan
pesan antar makanan nomor 1 di Indonesia. Go-Jek memiliki lebih dari 30.000
daftar restoran
- Go-Send
Layanan
kurir instan yang dapat Anda gunakan untuk mengirim surat dan barang dalam
waktu 60 menit.
- Go-Mart
Layanan
yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja ribuan jenis barang dari berbagai macam
toko.
- Go-Box
Layanan
pindah barang ukuran besar menggunakan truk bak/blind van.
- Go-Massage
Layanan
jasa pijat kesehatan profesional langsung ke rumah Anda.
- Go-Clean
Layanan
jasa kebersihan profesional untuk membersihkan kamar kos, rumah dan kantor
Anda.
- Go-Glam
Layanan
jasa perawatan kecantikan untuk manicure-pedicure, cream bath, waxing, dan
lainnya langsung ke rumah Anda.
- Go-Tix
Layanan
informasi acara dengan akses pembelian dan pengantaran tiket langsung ke tangan
Anda.
- Go-Busway
Layanan
untuk memonitor jadwal layanan bus TransJakarta dan memesan GO-RIDE untuk
mengantar Anda ke sana.
- Go-Pay
Layanan
dompet virtual untuk transaksi Anda di dalam aplikasi GO-JEK.
- Go-Med
Layanan
terintegrasi untuk membeli obat-obatan, vitamin dan kebutuhan medis lainnya
dari apotek berlisensi.
- Go-Auto
Layanan
auto care, auto service, dan towing & emergency untuk memenuhi kebutuhan
otomotif Anda.
- Go-Pulsa
Layanan
pengisian pulsa langsung dari aplikasi GO-JEK dengan menggunakan GO-PAY.
5. Continual
Service Improvement
Gojek
dalam mengembangkan ide nya mereka melakukan inovasi-inovasi terbaru dan juga
melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain untuk mempertahankan
eksistensinya dalam pelayanan diantaranya:
·
Para gamers Mobile Legends khususnya
pelanggan dapat membeli diamond Mobile Legends dengan Go-Pay lewat Codashop.
·
kini bisa chat dengan driver di dalam
aplikasi Go-Ride, Go-Car, Go-Food
·
Selalu update promo-promo terbaru dalam
fitur Go-Food
·
Bisa tukar Go-Points untuk Go-Luckypaket
liburan ke Jepang, Melbourne, Bangkok dan Bali
·
Beli voucher google play di Go-Bills bisa
dapet bonus item di Lineage2 Revolution hingga Rp400,000
·
Go-Food bekerjasama dengan aplikasi
kuliner Qraved
·
Kerjasama antar bank untuk memberikan
cashback dan diskon untuk para pelanggan Go-Jek
·
Bisa atur sendiri layanan yang mau kamu
tampilin di beranda dengan update di versi 3.1
Daftar
Pustaka:
Komentar
Posting Komentar